Text
Creative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreatifitas Siswa
Buku ini berisi strategi-strategi pembelajaran yang dimaksudkan untuk melesatkan kreatifitas anak didik. Buku ini memuat pembahasan yang dipandang dari tiga sisi yaitu dari anak, guru, dan konteks, sehingga kita sebagai guru juga mampu memahami apa yang dirasakan oleh anak. Pada setiap bab dalam buku dimulai dengan cuplikan inspiratif yang menggambarkan situasi pembelajaran dengan metode creative learning, dan ditutup dengan beberapa pertimbangan utama dalam penilaian baik pada anak, guru maupun pada konteks. Di akhir bab juga dikemukakan beberapa strategi yang dapat dilalaksanakan agar dapat membawa perubahan pembelajaran ke arah yang lebih baik dengan bergai metode sesuai yang dibicarakan pada setiap bab.
Prinsip utama dari buku ini adalah kreatifitas sangat penting bagi perkembangan semua anak dan merupakan kandungan vital dalam kesuksesan pengajaran. Akan tetapi karena kurikulum yang ditetapkan oleh negara, keberadaan kreativitas belum mendapatkan perhatian yang layak dan saat ini adalah waktu yang tepat untuk kembali memikirkan arti penting kreativitas bagi pengajaran. Penulis buku ini menganggap mengajar dengan kreatif dapat mengembangkan kreatifitas pendidikan, membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna dan membuka cara-cara yang lebih menyenangkan dalam mendekati kurikulum. Penulis membuat enam rumusan yang mendasi dasar bagi setiap bab yang ada di dalam buku ini. Enam bagian utama tersebut adalah kreatifitas sebagai bentuk pembelajaran, representasi, produktifitas, originalitas, berpikir dengan kreatif / penyelesaian masalah, dan alam semesta/ alam-ciptaan.
B2200232 | 370.157 BEE c | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain